Categories
PENELITIAN-KEMENKOPUKM

PENELITIAN PROSPEK PELATIHAN ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM/UNIT SIMPAN PINJAM (KSP/USP) KOPERASI

PENELITIAN PROSPEK PELATIHAN ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM/UNIT SIMPAN PINJAM (KSP/USP) KOPERASI

Oleh:
Akhmad Junaidi, S.E., M.E.,
Peneliti Ahli Madya Kementerian Koperasi dan UKM RI
([email protected])

Abstrak
Proses pelatihan yang sepenuhnya mengandalkan tatap muka konvensional dinilai tidak efisien dan tidak efektif.  Pelatihan tatap muka konvensional menuntut peserta latih harus selalu hadir di kelas sepanjang hari dan menginap di tempat penginapan, sehingga boros biaya dan menggunakan durasi jam pelatihan yang berlebihan serta melelahkan. Dengan mempertimbangkan capaian hasil program pelatihan, menunjukkan masih ada gap yang lebar antara capaian jumlah peserta yang dilatih dan  jumlah peserta latih potensial yang belum dilatih. Saat ini sebanyak 98,25 % (954.516 orang) karyawan dalam 12 macam jabatan yang bekerja di koperasi simpan pinjam  belum tersentuh  oleh  program  pelatihan dan sertifikasi kompetensi.  Kemajuan penggunaan peralatan teknologi informasi dan internet memungkinkan penerapan  pelaltihan e-learning berbasis web atau internet. Penerapan pelatihan e-learning berbasis web memiliki banyak keunggulan, terutama dalam flesibiltas waktu dan tempat palatihan, memungkinkan peserta latih dapat belajar mandiri jarak jauh tanpa harus hadir secara penuh di kelas dan menginap di tempat penginapan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian proses pelaltihan tatap muka dapat digantikan oleh pelatihan e-learning. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi kepada Pemerintah menerbitkan kebijakan yang mendorong penerapan program pelatihan dengan mengkombinasikan pelatihan  tatap muka dan e-learning serta membakukan jumlah jam pelatihan sebagai acuan dalam menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif, melibatkan 70 sampel yang tersebar di Bogor, Pekalongan dan kota lainnya. Penelitian ini menghasilkan prototype sistem aplikasi www.tutorkoperasi.online yang dapat diakses oleh para pengguna (pelatih/instruktur, peserta latih, Lembaga pelatihan profesi) dengan menggunakan HP Android/ Smartphone, PC atau Laptop.
 Kata Kunci : Pelatihan, Kompetensi, Sertifikasi, Profesi, KSP, USP, Tatap Muka, E-Learning, Online
REKOMENDASI:
  1. Kemeterian Koperasi  melalui Deputi Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM perlu menerbitkan kebijakan yang mendorong terjadinya perubahan pola pelatihan yang sepenuhnya mengandalkan tatap muka menjadi  pelatihan mengkombinasikan pelatihan tatap muka dan e-learnimg.
  2. Kemetenterian Koperasi  melalui Deputi Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM perlu membakukan  durasi jam pelatihan (JP)  sebagai acuan menyusun Jam Pelatihan (JP)  untuk setiap Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi sesuai skema sertfikaisi kompetensi.
  3. Program pelatihan berbasis kompetensi perlu disinergikan dengan instansi terkait dalam rangka memanfaatkan  momentum  Tahun 2019 sebagai Tahun Pembangunan Sumberdaya Manusia yang dicanangkan oleh Pemerintah.