Categories
PENELITIAN-KEMENKOPUKM

MODEL PENCIPTAAN MENTOR WIRAUSAHA

MODEL PENCIPTAAN MENTOR WIRAUSAHA

Oleh : Asisten Deputi Urusan Penelitian dan Pengkajian Koperasi dan UMKM, Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia
([email protected])

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mencari model-model penciptaan mentor wirausaha yang selama ini berkembang untuk dijadikan sebagai model acuan. Model penciptaan mentor wirausaha yang diteliti mencakup beberapa tahapan utama, yaitu: Seleksi, Pelatihan, Penempatan Pendampingan, Pelaporan, dan Evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini meneliti berbagai model mentoring yang sudah ada untuk dilakukan penilaian dan evaluasi. Penelitian ini mengambil sampel di 5 Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Riau dan Jawa Tengah. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan pengujian salah satu tahapan penciptaan model, yaitu tahapan seleksi calon mentor. Hasil penelitian menggambarkan terdapat 5 model mentoring wirausaha, yaitu Model Mentoring PLUT, Model Mentoring Online, Model Mentoring Perusahaan Pendamping Bisnis Profesional, Model Mentoring Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi, dan Model Mentoring Komunitas. Dari hasil penelitian lapangan disimpulkan bahwa lima model ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan demikian, semua model mentoring ini perlu dikembangkan pemerintah agar semua pelaku UMKM bisa mendapatkan mentoring sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.
Kata Kunci : Model, Mentoring, Wirausaha.
REKOMENDASI :
  1. Karena pentingnya mentoring bisnis bagi pelaku UMKM, dan keterbatasan yang dimiliki, pemerintah perlu mendukung dan mengakomodasi berbagai model mentoring untuk diterapkan kepada para pelaku UMKM.
  2. Pemerintah perlu mendorong para pengusaha besar untuk mengalokasikan anggaran CSR bagi program pendampingan bisnis. Dengan demikian hal ini akan menjembatani ketidakmampuan pelaku UMKM dalam membayar biaya mentoring.
  3. Pemerintah perlu memfasilitasi pelatihan mentoring bagi para pengusaha yang berminat untuk menjadi mentor secara relawan. Dengan semakin banyaknya mentor yang tersedia akan memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses program mentoring.

Baca Selengkapnya…